Arti Berbeda Dari Suatu Foto

Hampir pukul tiga pagi gua menulis ini. Dimana kicauan burung sudah mulai terdengar di luar rumah. Dan perut gua benar-benar terasa kelaparan, karena telah bergadang hanya untuk mendownload film sebesar 702 MB, tetapi selalu te-reject tiap 17 atau 30 MB yang disebabkan oleh karena internetnya lagi lemot. Gua juga ingin bergadang karena tiba-tiba sedang ingin menyimpan foto-foto yang ada gua-nya dari album yang ada di Facebook. Baik itu dari album Facebook punya orang lain dan juga punya gua sendiri. 

Dari kemarin-marin sih, memang gua lagi kepingin menyimpan semua foto-foto dimana gua sedang eksis, ke satu folder di komputer gua dan juga di Handphone Sony Ericsson C510 tercinta gua. Semuanya bertujuan agar kenang-kenangan tersebut tak hilang, dan dapat selalu gua lihat di kemudian hari nanti.

Namun, mungkin kalian semua pernah merasakan sesuatu ketika melihat foto-foto kenangan kalian itu. Rasa yang kalian rasakan akan memunculkan suatu gambaran di dalam otak, yang isinya adalah kejadian-kejadian yang beraneka-ragam jenisnya. Ada kejadian dimana kalian sedang emosi, sedang jatuh cinta, sedang merasa bodoh sekali, dan sedang-sedang yang lainnya.

Tiap foto itu memiliki arti, betul bukan? Tapi ada beberapa foto yang memiliki arti yang berbeda untuk pandangan kita sendiri dan juga orang lain yang ada di dalamnya disaat telah melihatnya kembali.

Contohnya adalah:
(Ulang tahun gua sedang bersama komsel Yadika2)

Ini adalah foto ulang tahun gua yang ke 17, dimana sedang dirayakan oleh teman-teman komsel gua di rumah sang ketua kelas, sekaligus ketua OSIS SMA YADIKA2, Diantori.

Apa pandangan kalian terhadap foto ini?
Apa pandangan mereka yang ada di dalam foto ini?
Apa pandangan gua terhadap terhadap foto ini?

Mungkin sih terlihat semuanya sedang happy, tak ada masalah, dan begitu senangnya hati gua yang tiba-tiba dirayakan oleh saudara-saudara seiman gua. Memang sih betul, tapi ada satu perasaan yang gua rasakan ketika gua bertemu dengan foto ini lagi. Rasa kebencian tiba-tiba muncul ketika gua otak gua menjelajah kembali ke masa yang ada di foto ini. Gua ingat kalau gua sedang bermasalah waktu itu dengan salah seorang teman komsel gua. Orangnya ada di dalam foto ini, tapi tak bisa gua beritahu yang mana (tentu saja!). Pokoknya sampai sekarang gua masih belum menyelesaikan masalah itu dengan si dia. 

Apakah pandangan kalian sama seperti gua?
Apakah pandangan mereka yang ada di dalam foto ini sama seperti gua?
Apakah pandangan dia yang ada di dalam foto ini sama seperti gua?

I don't know! 

Tapi satu catatan, tiap adanya suatu persekutuan, seperti komsel, pasti memang selalu ada masalah (maaf sedikit melenceng.. hehe). Tetap semangat menulis!!

Contoh berikutnya:
(Gua bersama 3IPA1 di dalam bis)

Foto ini ada ketika semua murid khusus IPA dari SMA YADIKA2 sedang mengadakan study tour ke pabrik keju yang letaknya di suatu pedalaman. Dan pada waktu itu, pas-pas-an sekali kelas gua, 3IPA2, sedang mengalami kecek-cokan sama kelas 3IPA1. Apalagi semenjak adanya ketidak-adilan waktu pembagian tempat duduk di dalam BIS. Kelas gua harus mengalah karena telah dipecah oleh guru-guru menjadi dua bagian. Bagian pertama harus bersama kelas 3IPA1 yang tak dipecah sama sekali. Dan bagian kedua harus bersama kelas 2IPA yang juga tak dipecah. Semua karena BISnya waktu itu hanya ada dua. Tapi tetap aja menurut gua sendiri itu tak adil, karena jika ingin dipecah, seharusnya kedua kelas lainnya itu juga ikut dipecah. :(

Kalau untuk foto ini, gua sedang terlihat duduk dan terdiam sambil melihat sesuatu. Sedangkan anak-anak kelas 3IPA1 sedang heboh karena lagi difoto. Apakah gua menjadi terdiam karena sedang terjadinya perang dingin antar kelas waktu itu?? Jawabannya adalah: "tidak!" Untungnya waktu gua di SMA, gua sudah mengenal banyak murid, khususnya anak-anak di 3IPA1. Sehingga rasa ingin ikutan membenci itu sama sekali tak muncul. Yang ada, gua malah have fun waktu itu mendengar kehebohan mereka. Hanya sajaaaaa..... memang ada sesuatu juga sih. Waktu gua flashback ulang, gua masih ingat dengan jelas sekali kalau gua sedang cemburu buta habis-habisan waktu itu! Gua harus menahan dan menahan seperti sedang menahan ingin berak selama berjam-jam.

Selain itu, orang-orang yang ada di dalam foto ini pastinya memiliki satu kesamaan pandangan disaat mereka mungkin sedang melihat ini foto. Karena foto ini akan memperlihatkan pada kami semua tentang suatu kejadian yang benar-benar luar biasa. Dimana kejadian itu adalah: bis yang kami tumpangi ini menjadi mogok disaat kami sedang ingin pulang. Lalu, karena di luar sedang hujan, dan kami menjadi kehujanan sampai basah kuyup, eh tiba-tiba ada beberapa orang yang pingsan. Kelas 3IPA1 dan 3IPA2 pun menjadi saling tolong menolong, dan alhasil semuanya kembali baikan. Rancangan Tuhan yang indah bukan?? Hahaha.... Seperti ada pelangi sehabis hujan besar....

Yup, ini lah beberapa arti dari kedua foto yang ingin gua tunjukkan pada kalian semua. Walaupun sebenarnya lebih menceritakan ke pengalaman-pengalaman gua aja sih. Hehehe.... But, indah bukan? :p Semoga bermanfaat aja ya. Dan selamat mengartikan foto-foto kalian sendiri.

Wuaaahhh.... Akhirnya ide-ide gua dikala menjelang pagi hari ini dapat tersalurkan juga. Sekarang ini jujur, dalam perut gua sudah berbunyi: "kruyuk", tapi mata kok masih belum ngantuk ya?! Padahal sudah mau jam 4 pagi. Gila! Gua harus memaksakan diri untuk tidur! Karena hari ini akan ada banyak sekali yang harus dikerjakan. Yaitu adalah pembinaan dan juga pergi ke sekolah semasa SMA gua untuk rapat dan doa pembina Retret tanggal 11 - 12 Febuari nanti.

Tidurrr!!!

Thank you....
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath