PSYCHO: Film Horror Tahun 1960 Yang Sangat Sukses!

Pembunuhan berdarah dingin telah terjadi di dalam suatu Motel yang sepi dan terletak di daerah yang strategis pada belahan barat benua Amerika. Hanya dengan pisau dapur yang tergenggam di tangan seorang perempuan yang sudah tua-renta, tubuh polos seorang wanita muda yang sedang mandi pun menjadi korban tusukan yang beruntun. Walau sudah berkali-kali berteriak kesakitan, hati sang pembunuh bisa terbilang seakan sudah mati. Ia terus saja menusuk sampai banyak sekali darah yang keluar dan ikut mengalir bersama air dari shower ke dalam lubang pembuangan di dalam bak mandi.



Ini adalah salah satu kejadian yang paling mengerikan di dalam film garapan Alfred Hitchcock yang berjudul "PSYCHO". Seni pembunuhan yang ditampilkan benar-benar berhasil membuat para penonton menjadi merasakan suatu kengerian yang berbeda. Bahkan, malah banyak orang yang mempelajarinya dan sudah meniru atau memparodikannya. Contohnya bisa kalian buka di link ini: http://www.youtube.com/watch?v=VE1bjbGj8XA&feature=related

Apalagi yang memerani sang korban itu adalah seorang aktris cantik Hollywood yang sudah diakui kualitas aktingnya, Janet Leigh. Rasa sakit yang dibantu dengan teriakan dramatisnya, telah membuatnya berhasil menjadi pemenang dalam kategori "Best Actress in a Supporting Role" di ajang penghargaan "Golden Globe" tahun 1961.

Pokoknya banyak banget deh faktor-faktor yang membuat adegan mengerikan ini menjadi sangat legendaris. Dari kualitas gambar hitam putihnya, tata cahayanya, angle kameranya, bahkan alunan musik orkes dramatis dari seorang komponis, Bernard Herrmann. Markotop dah!!

***

Beruntung sekali gua, karena pada hari Minggu tanggal 6 Febuari kemarin, tiba-tiba rasa ingin menonton film telah membuat gua beranjak dari tempat tidur, lalu berjalan menuju ke kursi sofa berwarna biru, dimana gua selalu duduk dengan nyamannya selama berjam-jam untuk menonton TV dan bermain PS2. Waktu itu sudah hampir tengah malam, dan sebenarnya gua habis terbangun sehabis minum obat penurun panas waktu sorenya. Tapi, bagus deh.... Jadinya gua bisa menonton film yang tak pernah gua sangka akan semenyeramkan itu.



Walaupun sebenarnya sih, film "PSYCHO" yang tayang di Trans Tv pada pukul 23.30 ini tuh adalah film remake (buatan ulang) dari film aslinya pada tahun 1960. Dan memang menurut situs IMDB tuh, film aslinya tetaplah yang paling bagus daripada film yang disutradari oleh Gus Van Sant ini. Tentu lah! untuk film aslinya saja mendapatkan bintang sebanyak 8.7 dari 10. Sedangkan untuk yang buatan ulangnya, malah mendapatkan bintang 4.7. 

Tapi tuh menurut gua tetap bagus juga yang buatan ulangnya. Soalnya para pemerannya itu adalah orang-orang yang sudah gua anggap oke kualitas aktingnya. Seperti Julianne MooreWilliam H MacyVince VaughnAnne Heche dan yang lainnya. 

Baru tadi aja sih gua nonton di Youtube tentang adegan pembunuhan di kamar mandi yang berasal film pertamanya dan diperani oleh Janet Leigh. Dan memang lebih bagus. Makanya, langsung saja gua mendeskripsikan kejadian tersebut sebagai paragraf awal untuk post kali ini. ^^

Kalian bisa melihat adegan pembunuhan di kamar mandi itu secara jelas di sini: http://www.youtube.com/watch?v=8VP5jEAP3K4&feature=related

***

Kisahnya ini berawal dari seorang wanita muda bernama Marion Crane yang melarikan diri sehabis mencuri uang sebesar $400.000 (kalau di film pertamanya itu $40.000) milik perusahaannya. Lalu disaat sudah malam, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya, dan membuat Marion harus segera mencari tempat penginapan terdekat. Hingga akhirnya sampai lah dia pada sebuah Motel yang bernama "Bates Motel". 





Di dalam Motel yang sama sekali tak di-inapi oleh seorangpun ini, Marion pun bertemu dengan sang pemilik, Norman Bates. Ia adalah seorang laki-laki yang hanya hidup dengan ibunya saja di dalam rumah besar belakang Motelnya tersebut. Ia pun merasa jatuh hati pada Marion lalu mengajaknya makan malam bersama di dalam kantor Motel.

Tak disangka, kalau ibunya akan menjadi marah besar. Lalu malangnya nasib Marion, ia tiba-tiba dibunuh disaat sedang mandi. Norman Bates yang menjadi ketakutan dan kebingungan, akhirnya memutuskan untuk menaruh mayat beserta semua barang kepunyaannya ke dalam mobil Marion, yang lalu dibuangnya ke dalam rawa-rawa yang tak jauh dari Motel itu berada.

Mulai saat itu lah, kekasih Marion, Sam Loomis, adiknya, Lila Crane, dan seorang detektif yang bernama Milton Arbogast melakukan aksi pencarian yang akhirnya malah ikut menguak suatu misteri dari kehidupan Norman Bates dan ibunya.

***

Info sedikit: Film ini juga berdasarkan atas novel dengan judul yang sama karya Robert Bloch, yang terinspirasi dari kisah sang pembunuh psycho terkenal di Wisconsin, Ed Gein.

Jadi, bagi yang suka film horror, buruan deh membeli atau menyewa kaset dari film ini di toko-toko terdekat anda. ^^

(Anthony Perkins sebagai Norman Bates)

(Janet Leigh sebagai Marion Crane sehabis dibunuh)

....Terima kasih....
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath