Tentang Film Despicable Me Dan Up (Menarik Perhatian Publik Sekali!)

Kali ini gua akan menulis sambil menikmati gelap dan panasnya kamar karena sedang mati lampu. Tak lupa dengan nyamuk-nyamuk yang sedang berpesta mengunjungi beberapa anggota badan gua. Sehingga membuat tangan, kaki, leher, dan muka ini menjadi gatal-gatal. Huaaa....!!! Cepat dong PLN ngalirin listriknya ke sini!! Ke rumah gua aja deh!! *tak tahan mati lampu :(

Walau keadaan mungkin tak mendukung, tapi gua benar-benar sedang ingin menulis karena tiba-tiba otak gua sedang mendapatkan ide sehabis menonton dua film animasi yang luar biasa mengesankan! Kita sebut saja: "Despicable Me" dan "Up". Untunglah kedua film ini telah berhasil gua download lewat website "thehack3r.com". Dan harus berkorban banyak waktu juga. Karena ukurannya itu antara 600 - 700 MB gitu loh!! Bisa ampe 3 sampai 4jam-an deh menunggu. Apalagi jika internetnya lagi lemot?! Bisa 6 jam dah.... Tapi tak sia-sia juga sihhh.... ^^

Sebenarnya gua sudah pernah bahas kedua film ini di post yang dimana bisa kalian baca di link ini: " http://ohhgetoo.blogspot.com/2010/07/despicable-mekocak-dah.html " dan " http://ohhgetoo.blogspot.com/2010/09/nonton-ini-yuk-waktu-bergadang.html ". Tapi tenang saja jika yang ingin langsung mengetahuinya. Akan gua bahas lagi dengan hati yang gembira (pastinya). (Btw, akhirnya lampu menyala juga!! XD)

1. Despicable Me



Film animasi yang telah menjadi nominator dalam kategori "Best Animated Feature Film" di acara penghargaan "Golden Globe" tahun ini, bisa dibilang cukup "pas". Pas apanya sih? Tentu saja pas lucunya, pas pesan moralnya, pas dramanya, pas serunya, dan pas ke-unik-annya. Disaat kalian menontonnya nanti, pasti emosi kalian akan terasa dipermainkan. Apalagi dengan adanya ratusan makhluk kecil berbentuk kapsul, berwarna kuning, dan berpakaian seperti seorang petani yang ada di film-film cowboy. Unik dan layak ditonton banget deh!!

Sekilas ceritanya adalah tentang sebuah kisah dari seorang laki-laki yang berumur 40 tahunan, berbadan gempal, berkepala botak, berhidung panjang lancip, dan suka memakai syal. Namanya adalah Gru, dan bisa dibilang seorang mekanis fisikawan atau orang ahli. Karena ia memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Contohnya adalah: makhluk-makhluk unik berbentuk kapsul tadi, pistol pembeku, pesawat luar angkasa, dll. Ia juga memiliki sebuah impian yang bisa dibilang sangatlah negatif, yaitu menjadi seorang pencuri terkenal sejagat. Dan di film ini, ia berencana akan mencuri bulan. Wow!!

Nah, lewat rencananya itu, ia akan bertemu dengan seorang penjahat lainnya, yang sekaligus juga akan menjadi musuhnya sampai pada akhir cerita nanti. Musuhnya ini juga memiliki karakter yang menurut gua itu lucu banget!! (persentase orang jahatnya itu hanya bisa dikatakan 30% aja, selebihnya itu ngelawak. Hahaha....). Namanya adalah Viktor, dan ia lebih kaya serta memiliki banyak peralatan-peralatan yang lebih canggih daripada kepunyaan Dr. Gru. Tapi ada satu alat canggih kepunyaannya yang unik dan tak pernah bisa gua lupakan, yaitu pistol yang bisa mengeluarkan piranha dan gurita. Benar-benar unik dan kocak dah! :p

Yang paling penting sih, di tengah-tengah proses yang dialami oleh Dr. Gru untuk mencuri bulan, tiba-tiba muncullah tiga anak perempuan yatim piatu yang masih berumur sekitar 7 - 9 tahun. Ia pun dengan terpaksa menjadikan dirinya sendiri sebagai ayah angkat mereka, dengan alasan untuk membantunya dalam menjalankan rencana pencurian "pistol pengecil" (seperti pistol kepunyaan Doraemon yah ^^). Namun, setelah akhirnya sekian lama ketiga anak perempuan tersebut masuk ke dalam bagian hidup Dr. Gru, ia pun mendapatkan sesuatu yang akan mengubahkan hidupnya untuk selama-lamanya.

Semua karakter dalam tokoh-tokoh dari film ini tuh sangat unik-unik semua. Ketiga anak perempuan tersebut yang bernama Margo, Edith, dan Agnes ini juga memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang terlihat pintar, tomboy disertai dengan kesukaannya dengan hal-hal yang mengerikan, dan kekanak-kanakan abis. Tapi tetaplah mereka itu adalah anak kecil yang polos. Hal ini telah menjadi salah satu faktor yang bisa membuat para penonton menjadi tak terasa bosan deh ketika menontonnya sampai habis.

2. UP



Di film yang kedua ini tuh sudah pasti bisa dibilang sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Terbukti dari banyak kemenangannya di acara-acara penghargaan seperti Oscar, Golden Globe, Bafta, Grammy, dan masih banyak lagi pada tahun 2010 kemarin. Soalnya dari segi teknis, isi, alur, dan makna (yang sangat dalam)nya ini, benar-benar seperti sebuah harta karun yang akhirnya telah ditemukan setelah sekian lamanya terkubur di tempat yang tersembunyi. 

Dari awal film saja, film ini sudah memberikan sebuah kekuatan yang mantap berupa tayangan selama kurang lebih 4 menit, yang hanya mengandalkan alunan instrumen orkes dan komunikasi non verbal dari kehidupan sepasang suami istri, semenjak mereka menikah hingga akhirnya tua, dan sang suami harus merelakan istrinya itu meninggal dunia. Sungguh terasa sekali emosi yang diberikan dari tayangan ini. Untuk orang-orang yang irasional, gua jamin pasti akan merasa sedih, dan mungkin air mata kalian juga akan keluar. Soalnya gua sendiri pun mengeluarkan air mata sewaktu pertama kali menonton tayangan ini. :'(

Tapi kisahnya itu tak seperti sebuah drama ya. Sama seperti film "Despicable Me" kok, yaitu "pas". Malah "pas banget!!"

Isinya itu bercerita tentang kehidupan dari seorang kakek tua bernama Carl Fredricksen (yang tadi telah ditinggal oleh istrinya) yang secara tiba-tiba memutuskan untuk pergi ke tempat yang tercatat telah hilang di peta, bernama "Paradise Falls", untuk memenuhi janjinya kepada Almh. Istrinya itu. Waktu itu ia juga terpaksa pergi karena habis dituntut oleh seorang pengusaha untuk segera pindah ke Panti Jompo sebab satu kesalahan yang telah ia lakukan. Uniknya, ia pergi dengan rumahnya sendiri yang telah diikatkan ribuan balon berhidrogen yang berwarna-warni.

Gua sendiri sih gak tahu menahu ya, bisa atau tidak rumah dapat terbang dengan hanya diikatkan dengan ribuan balon tersebut. Tapi, kalau di film-film tak ada kejadian-kejadian yang menarik, unik, dan original seperti ini sih, rasanya memang kurang "srek" juga. Logikanya dibuang dulu aja deh.... Ikutin alur ceritanya saja yo.... ^^



Ia pun ditemani oleh seorang anak laki-laki berumur kira-kira 10 tahun, bernama Russell, yang tanpa sepengetahuan dari Mr. Fredricksen, kalau ia ternyata sedang ada di beranda rumahnya, lagi diam terpaku ketakutan, sewaktu  rumahnya sudah sampai di atas langit. Nah, setelah akhirnya si Russell ini diijinkan masuk ke dalam rumahnya, baru dimulai lah banyak sekali petualangan-petualangan yang menegangkan. 

Contohnya adalah disaat Mr. Fredricksen sedang menurunkan rumahnya untuk memulangkan Russel karena ketidak-sukaannya pada gangguan dari semua orang. Tiba-tiba muncul sebuah awan hitam berpetir yang pekat dan sangat besar. Yang malah menyebabkan rumah itu menjadi terhisap ke dalamnya hingga terombang-ambing dan membuat Mr. Fredricksen pingsan. 

Apalagi setelah mereka bertemu dengan seekor binatang sejenis burung bernama "Snipe", yang memiliki leher dan kaki yang panjang, dan bulu yang berwarna-warni. Petualangan demi petualangan yang mereka alami pun makin bertambah seru. Karena ada seseorang yang sudah lama mengincar binatang yang sangat langka dan lincah itu. Dengan cara apapun juga, ia akan mengambilnya walau harus menjadi orang jahat sekalipun.

Film ini juga bisa menjadi sangat pas atau srek karena telah dibumbuhi dengan adegan-adegan yang menurut gua sangat unik lucunya. Salah satu contohnya adalah ketika muncul anjing-anjing yang sudah dikasih suatu alat di leher mereka agar dapat berbicara dengan memakai bahasa inggris. Terlihat sekali bagaimana sifat-sifat natural anjing yang suka akan "lempar tangkap bola", dan hal-hal lainnya, yang akhirnya dapat diungkapkan juga dengan kata-kata.

Intinya adalah: "Adventure is out there!!" ^^

***

Setelah menonton kedua film ini, ada hal menarik yang telah berhasil gua dapatkan. Coba deh kalian lihat fisik dari para tokoh yang sudah diciptakan oleh para creatornya. Banyak yang aneh bukan? Seperti Dr. Gru yang memiliki kedua kaki dan tangan yang kurus tapi dada hingga perutnya malah terlihat gempal. Atau seperti pada Mr. Fredricksen yang berhidung bulat seperti tomat yang sudah dicat putih kecoklatan.

Awalnya sih gua anggap ini sebagai hal yang biasa-biasa saja. Mungkin untuk menjadikan filmnya tambah lucu, atau hal-hal yang lainnya. Tapi coba deh kita pikirkan sejenak, bagaimana jadinya kalau ada orang yang memiliki fisik seperti mereka dan sekarang itu sedang ada di sekitar kita?? Apa yang akan kita dan orang itu pikirkan dan lakukan?? Apakah mungkin mereka itu akan merasa malu, ataukah kita yang akan merasa malu dengan kehadirannya??

Ini sih cuman apa yang ada di dalam pikiran gua aja ya. Yang tiba-tiba ingin gua analogikan dengan kehidupan nyata ini. Dimana banyak orang yang masih tak bisa menerima dirinya sendiri dan hidup secara apa adanya. Dan dimana, masih ada orang-orang yang merasa fisiknya itu masih kurang banyak hal. Jujur, gua sendiri pun pernah menjadi orang seperti itu :( Yang dimana rasanya itu adalah seperti pengen mengoperasi plastik saja seluruh tubuh gua ini agar menjadi sama seperti Aktor Hollywood terkenal, Robert Pattinson. XD

Di dalam dua film animasi ini pun, gua bisa melihat kalau tak ada seorang tokohpun yang protes dengan fisik yang ada pada diri mereka tersebut. Mereka semua hanya menjalani hidupnya saja seperti sedang berada di atas panggung sandiwara buatan sang Director dan para angket-angketnya. 

Mengagumkan bukan?? Jika kita semua dapat menjalani hidup ini dengan tak terlalu terpengaruh dengan keadaan fisik, pastinya dapat membuat hidup kita menjadi lebih fokus pada suatu hal yang akan membuat kita makin naik. Mungkin bisa fokus pada tujuan hidup kita, cita-cita, dll.... 

Oke deh.... Ini hanya hasil dari pemikiran gua aja. Yang paling penting sih, saat menonton kedua film ini, jangan hanya mau dihibur saja ya.... Tapi juga dapat meresapi makna-maknanya.... ^^




....Terima kasih....
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath