Interview.... Siapa takut?!

Hari ini gua cukup senang dengan apa yang telah gua lakukan tadi siang di kampus tercinta gua, UBM. Yaitu memperkenalkan siapa diri gua dengan PDnya sewaktu sedang proses interview. Ini adalah pengalaman yang cukup mengasyikkan.

***

Tadi pagi gua kaget sekali karena tiba-tiba nyokap gua membangunkan gua dari tidur lelap gua sambil bilang, "sekarang udah jam 7 ton!" OMG! Gua kan harus sudah sampai di kampus pada pukul 8 pagi?! Langsung deh gua buru-buru ke kamar mandi untuk mandi dan gosok gigi.

Sehabis mandi dan gosok gigi, gua teringat kalau pada waktu di-interview-juga harus membawa fotokopi jadwal pelajaran plus nilai KHS semester ganjil gua. Dengan cepat, gua langsung menyalakan Notebook gua dan segera membuka portal kemahasiswaan gua lewat internet. Nah, waktu udah kebuka, gua copy-paste deh dua hal tersebut ke Ms. Word. 

Ribetnya, karena printer gua gak mau nyala kalau dicolokin ke Notebook gua, jadinya gua harus taruh dulu copy-paste-annya ke Flask Disk untuk nantinya dipindahkan ke Laptop cc gua dimana printernya baru mau nyala. Ckckck....

Setelah semuanya rebes, gua tak lupa untuk minum susu putih rasa madu dulu yang udah dibuatin sama nyokap tercinta gua. Lalu gua berangkat deh dengan perasaan bimbang.

"Apakah gua bakal gak keterima ya kalau telat?????"pikir gua selama di jalan dengan penuh ketakutan. Malah sebenarnya gua udah gak mau pergi juga tuh, soalnya sayang kan-kalau nanti datang-datang-eh nama gua udah dicoret. Mampus aja gua.... :(

Tapi gua tetep pergi dan mencoba menenangkan hati gua lewat mendengarkan lagu dari HP gua dengan headset. Gua pun tak lupa coba bertanya kepada teman-teman gua yang ikutan diinterview juga lewat SMS. Leo, Budi, dan Julian. Mereka bertiga lah yang gua tanya karena gua cuman punya nomor mereka, padahal ada dua orang lagi yang pada waktu ngedaftarnya bareng-bareng, yaitu Gustav dan Vincent.

"Acaranya aja ngaret!"balas Budi yang dimana sudah sangat MELEGAKAN gua habis!! Huaaa...!!!

Namun, karena gua masih kurang tau bakal ngaret ampe berapa lama, pada waktu Metromini yang sedang gua naiki sudah sampai keluar tol, di depan Mall Pluit Junction-gua pun memutuskan untuk turun dan menaiki ojek. Soalnya di jalan kopi biasanya macet, dan sangat membuang banyak waktu. 

Dan akhirnya, dengan kerelaan hati yang paling dalam, gua harus menerima kalau ongkos pergi gua menjadi Rp 19.500,-  Padahal biasanya kan cuman Rp 11.500,- ckckck T_T

Parahnya, sesampainya gua di UBM-ternyata acaranya juga masih belum dimulai!! Kira-kira jam 9 deh tadi dimulainya. Si Leo yang datangnya jam 9 lewat pun malah tak apa-apa. Mantap dah!!

Tak apa deh. Yang penting gua harus menampilkan perfomance yang terbaik waktu sedang di-interview. Dan enaknya, ternyata Ko Andi (orang marketing plus ketuanya) meng-interview kami dengan cara yang berbeda. Yaitu secara show on di depan banyak orang, bukan secara face to face. Jadi, satu persatu dari kami harus memperkenalkan diri kami masing-masing, juga tak lupa untuk mencoba mempresentasikan UBM. Selain itu, Ko Andi juga sedikit bertanya-tanya, seperti gua tadi itu ditanya,"apa masalah terbesar dalam hidup kamu?"

Menurut gua, ini memang lah cara yang ampuh untuk lebih memperlihatkan siapa diri kita yang sebenarnya. Benar kata Ko Andi tadi, kalau dia percaya saat di-interview secara face to face itu biasanya kita tak menjadi diri kita sendiri. Yup! Gua memang pernah jadi orang lain habis waktu sedang di-interview secara face to face, yaitu pada waktu melamar jadi CR Edufest UBM yang ke 4 di semester 1. Karena mungkin terlalu gugup, gua jadi aneh sendiri waktu itu. 

Singkat cerita, giliran gua itu pada waktu udah jam 12 siang. Dimana gua udah kelaparan dan kedinginan. Beberapa dari mereka yang ada di ruangan tersebut pun udah pada pulang. Dari yang jumlahnya kurang lebih 38 orang, eh harus terkikis menjadi kira-kira 20 orang. Gua malah yang mengajukan diri gua sendiri untuk maju.

Nah, sewaktu gua sedang presentasi di depan, aneh bin ajaib sekali-gua gak gugup coy!! Baru kali ini gua merasakan relax habis dan tak deg-deg-an lebay kayak dulu. Wow!! Gua pun jadi bisa berbicara dengan santai, menarik, dan PD habis tadi. Gaya-gaya lucu gua juga jadi keluar dan membuat mereka yang melihat gua pun terhibur. Oh senangnya.... ^^

Gua juga tak lupa sekilas mempromosikan Blog gua ini ke mereka sampai gua eja alamat blognya. Semoga aja mereka bisa ingat dan iseng-iseng membukanya waktu sedang ngapain aja.... Hahaha.... Gua kan ngarep dapat dibaca ribuan orang kayak blognya Raditya Dika yang "Kambing Jantan" itu. 

Oh iya, gua belum kasih tau ya gua ini ngelamar jadi apa. Sory-sory.... ^^ Yaitu jadi CR (Campus Representative) dalam event yang bernama "Dream Day" yang akan diadakan di UBM selama 4 hari minggu depan. Jadinya tugas gua ya mempresentasikan UBM ke anak-anak SMA yang nantinya akan datang ke UBM, dan sebisa mungkin membuat mereka menjadi kuliah di kampus tercinta gua ini. 

Akhir kata-gua rasa gua sudah sukses dan bakal keterima nanti. Kita tunggu aja besok. Karena besok Ko Andi akan mengirimkan sebuah SMS yang berarti gua keterima atau ketolak. 

Huaammm.... Sekarang mah tidur aja deh gua. Udah jam 1 dini hari lagi nih gua nulis nih Blog.... Ckckck....

Terima kasih....
Gbu

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath