Tentang Film "JIGSAW"

Franchise ke-8! Adalah bukti bahwa dunia masih menyukai 'Gore and Slasher Movies'. Kapan lagi kita bisa lihat tayangan penuh potongan tubuh manusia tanpa banyak sensor selama 13 tahun ini?! Ya, hanya jebakan 'JIGSAW' yang mampu buat para penontonnya jadi ketagihan.


Lima orang 'kurang berdosa' telah menjadi tumbal bulan-bulanan kali ini. Setelah mereka disekap dan dirantai di sebuah tempat terpencil, permainan pun dimulai. Mereka harus bertahan hidup di tiap ruangan yang akan mereka lalui. Sambil ditemani boneka jigsaw dengan sepeda kecilnya itu, beberapa petunjuk juga akan mereka dapatkan, yang mana akan sangat tricky.

Kita tahu kalau sang Jigsaw / John Kramer (Tobin Bell) sudah meninggal di sekuel ke-3. Namun suaranya yang khas tersebut masih menguasai di film ini. Hingga polisi juga kebingungan mengenai keterlibatan John Kramer pada permainan kali ini. Ada pula Detektif Halloran (Callum Keith Rennie) yang menyelidiki hal tersebut. Ia juga ditemani oleh dokter Logan Nelson (Matt Passmore) dan asisten sang dokter, Eleanor Bonneville (Hannah Emily Anderson) yang punya hobi super aneh.

Setelah para tokoh yang bukan jadi 'korban permainan jigsaw' muncul, tebak-tebakkan pun dimulai. Siapa dalangnya kali ini? Background dan muka innocent mereka masing-masing akan dianalisis oleh para penonton. Karena semua puzzle akan selalu lengkap di akhir ceritanya.



Setelah nganggur 7 tahun, akhirnya duo sutradara kembar, Spierig Brothers (Michael & Peter), berminat untuk melanjutkan franchise ini. JIGSAW adalah awal baru untuk menjadi tontonan halloween kembali tiap tahunnya.

Meski adegan penyiksaan dan gore-nya tetap asyik untuk dilihat, namun kisahnya ternyata kurang nendang. Seakan menyontek beberapa trick di franchise yang sebelumnya, JIGSAW tidak terlalu fresh untuk dinikmati para fans club-nya (termasuk saya hehe). Bisa dibilang masih di bawah ekspektasi. Walaupun twist-nya masih oke, karena kemunculan John Kramer disini sungguh amat mengejutkan. Semua tahu kan apa yang terjadi dengan isi kepalanya sebelum ia meninggal.



Sambil ditemani score mencekam racikan dari Charlie Clouser yang nyatanya masih cocok di franchise ini, kemunculan JIGSAW tetap merupakan salah satu film yang sangat ditunggu untuk menutup Halloween di tahun ini!

Anton Suryadi

Independent but not a sociopath